ISUZU SEGERA EKSPOR PERDANA TRUK BUATAN KARAWANG

Pabrik PT IAMI Karawang
Pabrik PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yang diresmikan pengoperasiannya pada 7 April 2015, tahun ini akan segera memulai ekspor perdananya. Pabrik Isuzu Karawang Plant ini terletak di Kawasan Industri Suryacipta Karawang Timur.

Memiliki lahan seluas 300.000 m2, dengan kapasitas terpasang 52.000 unit per tahun dan dapat dikembangkan menjadi 80.000 unit per tahun. Pabrik yang menelan investasi Rp 1,7 triliun ini diperuntukkan untuk produksi kendaraan truk kelas ringan Isuzu Elf dan truk kelas menengah Isuzu Giga.
Kapan realisasi ekspor itu? “Mohon maaf kami belum bisa menjawab sekarang karena masih melakukan diskusi dengan pihak prinsipal. Tapi kami berencana menjadikan pabrik Karawang Plant ini sebagai basis ekspor untuk negara-negara berkembang,” jawab Keiji Takeda, Vice President Director IAMI di Jakarta (18/1).
Pada tahun 2016 ini, Isuzu Jepang memiliki 4 global project, dimana Indonesia merupakan salah satu negara yang terpilih untuk pengembangan bisnis Isuzu di dunia. Adapun bisnis Isuzu di dunia dibagi menjadi 3 basis produksi, yaitu pabrik Isuzu Jepang yang terletak di Fujisawa sebagai basis produksi untuk kendaraan komersial negara–negara berkembang, yang memiliki regulasi emisi gas buang EURO III ke atas.
Basis kedua adalah Thailand sebagai basis produksi Isuzu untuk kendaraan komersial kecil (light commercial vehicle), dengan produk seperti Isuzu D-max dan Isuzu mu-X. Pada global project tahun ini, Isuzu melihat Indonesia sebagai basis produksi kendaraan komersial untuk negara – negara berkembang, yaitu negara yang memiliki regulasi emisi EURO II. Apakah itu artinya negara-negara di kawasan Asean? Takeda hanya tersenyum.
Oke, kita tunggu saja realisasi ekspor truk Isuzu buatan tangan-tangan lokal.

Source: Otomotifmag.com

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post